Cara Membuat Grafik di Excel di Bawah 5 Menit Selesai

Banyak yang masih kebingungan mengenai cara membuat grafik di Excel. Terlebih lagi jika menggunakan dua data. Sebenarnya fakta semacam ini tidaklah mengejutkan. Harus diakui jika Excel memang sedikit lebih rumit cara pengoperasiannya dibanding Word.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus menyerah begitu saja. Terlebih lagi kini ada banyak sekali sumber informasi terkait dengan tutorial membuat grafik di Excel yang bisa dengan mudah diakses di internet.

Namun sebelum mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat grafik di Excel, ada baiknya Anda pahami dulu jenis-jenis grafik yang ada di Excel. Dengan demikian, Anda bisa membuat grafik sesuai dengan yang diinginkan.

Mengenal Jenis-jenis Grafik pada Excel

Sebelum mengulas seperti apa langkah-langkah ketika ingin membuat grafik di Excel, ada baiknya untuk tahu apa saja jenis grafik di Excel. Pada Microsoft Excel, paling tidak terdapat 5 jenis grafik yang tersedia. Kelima jenis grafik tersebut adalah:

  1. Colum Chart

Jenis grafik ini seringnya digunakan untuk membandingkan data dalam jangka waktu tertentu. Fungsi utamanya adalah untuk membandingkan nilai dalam berbagai kategori dengan menggunakan diagram batang. Itulah kenapa banyak yang menyebutnya dengan diagram batang.

  1. Line Chart

Line Chart ini seringnya digunakan untuk menunjukkan tren data pada interval waktu tertentu. Sebab grafik ini sangat cocok jika digunakan untuk menampilkan data berkelanjutan atau continuous data. Selain itu juga sangat efektif digunakan untuk mengidentifikasi pola maupun tren.

  1. Pie Chart

Pie Chart ini berbentuk diagram lingkaran. Jika menggunakan grafik ini, selain Anda bisa tahu jumlah data yang sudah dimasukkan, juga bisa melihatnya dalam bentuk persentase (%).

  1. Bar Chart

Bar Chart ini umumnya digunakan ketika ingin membandingkan beberapa item. Misalnya saja ketika Anda ingin menampilkan grafis pertumbuhan penduduk di wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu.

  1. Area Chart

Area Chart merupakan grafik data di Excel yang seringnya digunakan untuk menampilkan data kuantitatif. Ciri utamanya adalah tampilannya penuh warna. Warna-warna tersebut pun bisa dihubungkan dengan Line Chart.

Cara Mudah Membuat Grafik di Excel

Setelah tahu jenis-jenis grafik Excel, kini saatnya untuk membuat grafik di Excel. Sebelumnya sudah ditekankan jika cara membuat grafik di Excel pada dasarnya sangat mudah dan cepat. Meskipun harus diakui juga jika masih banyak yang masih merasa kebingungan.

Nah, untuk Anda yang kebetulan masuk dalam kategori masih merasa kebingungan, neotekno.com akan berbagi tutorial cara paling mudah dan cepat ketika ingin membuat grafik di Excel. Seperti ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi terlebih dahulu data tersebut di Excel.

Langkah kedua, setelah pengisian data selesai dilakukan, lanjutkan dengan melakukan block pada data yang ingin Anda ubah menjadi grafik tersebut. Kemudian masuk ke Insert >> pilih jenis chart atau grafik yang ingin digunakan.

Langkah ketiga, setelah menentukan jenis grafik atau chart yang dipilih, secara otomatis data pada tabel akan berubah menjadi bentuk chart atau grafik. Setelah itu, tugas Anda hanya perlu mengganti warna grafik atau chart sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jadi sebenarnya sesimpel dan semudah itulah untuk membuat grafik di Excel. Setelah membaca tutorial ini pastinya Anda sepakat dengan statement tersebut. Kini saatnya untuk mencobanya. Semoga tutorial cara membuat grafik di Excel ini bisa sedikit membantu kesulitan Anda.