Apa Itu Sholat Qodho dan Bagaimana Cara Melaksanakannya

Semua umat Muslim tentu saja sudah tahu bahwa sholat fardhu adalah sholat yang wajib dijalankan dan jika Anda tidak mengerjakannya maka Anda akan mendapatkan dosa besar. Namun Islam memudahkan umatnya yaitu dengan adana kelonggaran dalam melaksanakan sholat fardhu berupa solat qodho. Apa itu sholat qodho? Sholat qodho adalah menggabungkan sholat yang terlewat. Meskipun begitu, Anda tidak boleh melaksanakan sholat qodho secara sembarangan. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar sholat Anda bisa di-qodho. Tidak semua sholat fardhu yang terlewat bisa di-qodho sheingga Anda juga harus tahu beberapa hal sebelum melaksanakan sholat ini.

 

Sholat qodho harus dilaksanakan secara berurutan. Misalnya Anda melewatkan sholat Dzuhur dan Ashar. Maka saat melaksanakan sholat qodho, Anda harus melaksanakannya sesuai urutan. Jadi, Anda melaksanakan sholat Dzuhur terlebih dahulu, baru kemudian disusul dengan sholat Ashar. Islam memudahkan umatnya dalam menjalankan ibadah, begitu pula dengan sholat qodho. Anda bisa melakukan sholat qodho berjamaah.

 

Bahkan hukum dari sholat ini adalah sunnah. Tentunya imam dan makmum harus orang-orang yang melewatkan sholat yang sama. Misalnya Anda melewatkan sholat Ashar dan Maghrib, tentunya orang yang akan berjamaah dengan Anda juga orang yang melewatkan sholat Ashar dan Maghrib pula. Syarat melaksanakan sholta qodho adalah harus didahului oleh adzan dan iqomah. Untuk adzan, cukup satu kali saja, namun untuk iqomah harus dipisahkan sesuai dengan berapa sholat yang dilewatkan.