Langkah Pemilihan yang Tepat dalam Skema Panel Surya untuk Hunian

Solar panel belakangan memang banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya untuk gedung dan mall mewah, akan tetapi kini banyak hunian yang mulai mengepakkan sayapnya untuk menggunakan panel surya. Namun sebelum itu ada baiknya anda untuk mengikuti langkah pemilihan yang tepat. Berikut ini langkah pemilihan yang tepat dalam skema panel surya bagi hunian.

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya kini di kembangkan supaya bisa digunakan untuk kebutuhan pembangkit listrikĀ  listrik dengan cara yang aman, terbarukan, hemat energi dan juga sangat bersahabat di lingkungan sekitar anda. Teknologi canggih ini bisa anda temukan di berbagai tempat, baik rumah atau jalan raya. Dan asal anda tahu di Indonesia, alat ini sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk PJU. Untuk memasangnya, anda harus mengetahui harga PJU tenaga surya dahulu.

Teknologi penghantar listrik diatas juga memiliki berbagai jenis yang wajib anda ketahui, mulai dari sistem off grid, kemudian ada system on grid, hingga yang terakhir yang pulai populer ialah adanya sistem hybrid. Kesemua sistem tersebut memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk masyarakat. Namun alangkah baiknya anda mengetahui langkah pemilihan sebelum memasangnya.

Langkah Pemilihan Skema Solar Cell untuk Hunian

  1. Mengetahui Fungsi yang Bakal di Dapatkan Dari Pemasangan Panel Surya

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah harus mengetahui dahulu fungsi panel surya untuk hunian seperti apa. Umumnya salah satu fungsi yang didapatkan adalah agar bisa lebih menghemat dalam pemakaian listrik (on grid). Selain itu, fungsi lainnya yang bisa dilihat ialah mempunyai cadangan energi listrik tatkala PLN (off grid) melakukan pemadaman secara mendadak.

  1. Menentukan Jumlah Kapasitas Daya

Kedua yang harus anda perhatikan ialah dengan menentukan jumlah kapasitas daya yang akan digunakan. Dengan begitu bisa dilanjutkan untuk membuat perencanaan desain kebutuhan panel surya yang ada dalam hunian anda. Agar lebih mudah menentukan jumlah kapasitas daya tersebut, maka sebaiknya anda membuat list semua kebutuhan mulai dari elektronik dan lainnya.

Setelah anda membuat list terkait barang apa yang nantinya membutuhkan aliran energi listrik, maka tahap selanjutnya membuat perhitungan jam pemakaian. Misalnya jumlah kebutuhan energi listrik untuk mengecas ponsel sekitar 1 jam dalam sehari, menonton TV 2 jam dan yang lainnya. Rincian tersebut wajib ditulis untuk mempermudah menentukan penggunaan kapasitas dayanya.

  1. Mengukur Luas Area untuk Pemasangan Panel Surya

Sebelum anda memang solar panel, maka alangkah baiknya untukĀ  mengukur terlebih dahulu luas area yang akan di gunakan. Misalnya di area dak, atap ataupun panel surya yang menyerupai kanopi. Tujuannya agar tidak membeli solar panel yang berlebihan atau kekurangan. Sebab jika kurang justru akan membuat hasil yang kurang maksimal.

  1. Melihat Jalur Kabel Listrik di Rumah yang Ingin di Pasang Panel Surya

Ada baiknya jika anda sebelum memasang skema panel surya harus memperhatikan jalur listrik di area rumah. Tujuannya agar pemasangan dapat di lakukan di posisi yang tepat dan tidak membuat arus listrik menjadi lebih rumit. Jangan lupa, sebelum melakukan pengecekan untuk memadamkan arusnya terlebih dahulu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai langkah pemilihan yang tepat dalam skema yang ada dalam panel surya. Dimulai dari mengetahui fungsi yang bakal di peroleh setelah pemasangan panel surya, menentukan kapasitas daya, melakukan pengukuran luas area yang akan di pasang panel, hingga melihat jalur kabel listrik di rumah. Dengan begitu pemasangan solar panel lebih bagus.