Mulai Konsumsi dan Rasakan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu sayuran yang kerap menjadi pelengkap suatu makanan adalah seledri. Walaupun begitu, sayuran ini memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dan bagus untuk tubuh. Di bawah ini adalah tiga manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Seledri yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan dan Usus

Sebagai salah satu sayuran yang kaya akan kandungan air, seledri bisa menjadi salah satu suplemen untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus. Dengan kandungan air dan serat, sayuran ini akan memberi rasa kenyang, mencegah sembelit, membersihkan usus, dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Membantu Mengatur Kadar Kolesterol Tubuh

Seledri mengandung senyawa yang mampu mengontrol kadar lemak dalam darah, sehingga bisa menghambat tingkat perkembangan kolesterol di dalam tubuh. Untuk itulah, jika memiliki kolesterol tinggi dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi jus seledri sebagai alternatif. Namun karena baunya yang menyengat, jus tersebut bisa dicampur dengan sayuran lain seperti wortel.

  1. Sebagai Pencegah Kanker

Seledri mengandung senyawa antioksidan, yang mana ini bisa menangkal radikal bebas pemicu kanker dalam tubuh. Berdasarkan riset, seledri memiliki dua senyawa antioksidan yaitu Apigenin dan Luteolin. Apigenin bertugas menghancurkan radikal bebas dalam tubuh dan Luteolin berfungsi untuk mencegah potensi efek anti kanker tersebut.

Setelah melihat beberapa manfaat seledri untuk kesehatan tubuh di atas, sudah sebaiknya orang-orang mulai mengkonsumsi sayuran ini secara rutin. Selain manfaat yang bisa diambil, sayuran ini juga bisa meningkatkan cita rasa dan penampilan makanan.