Wajib Tahu, Berikut Tips Memilih Skincare Remaja Yang Tepat

Skin care menjadi hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Produk perawatan kulit wajah ini akan membantu mengatasi jerawat, bruntusan sampai milia. Namun apakah remaja juga harus menggunakannya? Jawabannya iya. Skincare remaja perlu digunakan, mengingat semakin bertambah usia elastisitas kulit menurun. Dan berikut beberapa tips yang harus diketahui.

Apakah Remaja Harus Menggunakan Skincare?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, skincare merupakan produk perawatan untuk kulit wajah yang difungsikan untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah. Selain itu skincare juga akan membantu melembabkan, menenangkan, memperbaiki dan memutihkan kulit. Umumnya skincare lebih banyak digunakan untuk mereka yang sudah dewasa dibandingkan remaja.

Sebenarnya remaja juga sudah boleh menggunakan skincare, yakni saat usia 12 tahun. Hal ini karena semakin bertambah usia maka akan semakin menurun kemampuan elastisitas kulit yang akan menimbulkan masalah pada kulit dan kerutan. Maka dari itu, penggunaan skincare sejak remaja sangat dianjurkan untuk menghindari penuaan dini.

Mengingat skincare memiliki berbagai fungsi dan jenis, maka para remaja harus mengetahui hal mendasar terlebih dahulu. Untuk pemakaian awal, basic skin care menjadi yang paling disarankan. Basic skin care terdiri dari sabun cuci muka, pelembab, pembersih wajah (toner/cleanser) dan yang tidak boleh ditinggalkan yakni penggunaan tabir surya.

Facial Wash atau sabun cuci maka akan berfungsi untuk mengurangi resiko bruntusan, jerawatan dan masalah lainnya karena mampu membersihkan pori pori. Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi maka harus menggunakan pelembab atau moisturizer. Dan jangan lupakan perlindungan dari sinar Uvb dengan penggunaan tabir surya (sunscreen).

Dalam memilih skincare yang digunakan, pastikan memilih yang sesuai dengan jenis kulit kita. Karena apabila tidak sesuai dengan jenis kulit akan menimbulkan berbagai jenis masalah pada kulit. Selain itu, juga harus memperhatikan urutan yang tepat dalam penggunaannya.

Urutan Skincare Untuk Remaja Sesuai Produk

  1. Facial Wash

Urutan skincare bagi remaja yang bisa digunakan untuk pagi dan malam hari yakni sabun cuci muka atau facial wash. Menjadi tahapan yang tidak boleh dilewatkan dan dilakukan di awal. Apapun jenis kulit yang dimiliki, pastikan untuk memilih sabun cuci muka dengan kandungan yang ringan. Kendati demikian harus yang bisa menyingkirkan minyak dan kotoran di wajah.

  1. Toner Wajah

Setelah menggunakan Facial Wash, maka bisa menggunakan Toner wajah. Fungsi dari toner ini akan mengangkat sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal ketika membersihkan wajah. Tidak hanya itu, toner juga akan membantu dalam mengembalikan PH kulit yang hilang setelah mencuci muka.

Bagi para remaja dengan kulit yang berjerawat, toner yang memiliki kandungan tertentu akan mampu untuk meredakan jerawat. Selain itu juga membantu agar jerawat tidak muncul di kemudian hari dan mengempeskan jerawat. Begitu juga dengan kondisi kulit lainnya, karena saat ini sudah banyak toner yang mengandung bahan yang bisa disesuaikan.

  1. Moisturizer

Urutan yang tidak kalah penting berikutnya yakni penggunaan pelembab atau moisturizer. Pelembab bisa diaplikasikan dua kali dalam satu hari, dengan tujuan untuk membuat kulit tetap terhidrasi. Sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal dan mencegah munculnya tanda tanda penuaan dini.

Tanda penuaan dini ini bisa berupa garis-garis halus serta kerutan. Mengoleskan pelembab juga ada aturannya, yakni dengan mengambil ukuran pelembab lebih besar dari kacang polong di telapak tangan. Setelah itu oleskan di bagian pipi terlebih dahulu, barulah dioleskan menuju bagian dahi dengan menggunakan gerakan memijat.

Tidak hanya cara penggunaan yang harus tepat, tetapi juga harus memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembab yang tidak mengandung minyak. Tujuannya agar tidak menyumbat pori pori sehingga munculnya jerawat baru. Bisa memilih jenis pelembab yang teksturnya gel untuk yang rentan berjerawat.

Sementara bagi kamu remaja yang kulitnya sensitif, maka ada baiknya untuk memilih pelembab yang memiliki kandungan wewangian. Akan lebih baik jika menggunakan  pelembab yang memiliki label broad spectrum dan kandungan yang ringan. Selain membuat kulit lembab juga mampu untuk melindungi dari paparan sinar matahari.

  1. Tabir Surya

Masih banyak yang tidak menyadari jika penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting. Meskipun kamu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan sekalipun, sunscreen tetap diperlukan. Karena sinar matahari akan tetap bisa menembus ke dalam. Kamu bisa memilih kandungan SPF minimal 30 dan memiliki label broad spectrum.

  1. Eksfoliasi Wajah

Urutan penggunaan skincare remaja masih belum berakhir, kamu juga masih membutuhkan untuk eksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah ini bisa dilakukan beberapa kali dalam satu minggu, biasanya 2 -3 kali. Tujuan dari proses ini yakni menghindari penyumbatan pori-pori yang rentan di usia pubertas. Kamu bisa menggunakan skincare ataupun memanfaatkan bahan alami di rumah.

  1. Obat Jerawat

Untuk obat jerawat ini memang tidak semua remaja membutuhkannya. Jadi, apabila kamu memang tidak ada masalah dengan jerawatan, urutan satu ini tidak perlu kamu gunakan. Obat jerawat sendiri digunakan setelah cuci muka dan toner. Umumnya masa remaja lebih banyak memiliki masalah dengan jerawat karena ketidakseimbangan dari hormon.

Bahan Bahan yang Aman dalam Skincare untuk Remaja

  1. Niacinamide

Ada beberapa bahan yang bisa ditemukan di dalam skincare dan terbilang aman. Salah satunya yakni Niacinamide yang juga dikenal dengan vitamin B3. Kandungan skincare ini akan membantu kamu dalam mengatur produksi minyak yang berlebihan di wajah. Dengan begitu, pori-pori akan menjadi lebih kecil dan juga lebih halus.

Kandungan Niacinamide bagus untuk semua jenis kulit. Dan termasuk bahan yang cocok digunakan sebagai skincare rutinitas baik di kalangan remaja atau dewasa. Masing masing skincare akan memiliki jumlah Niacinamide yang berbeda. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing masing, berapa kadar yang pas.

  1. Zinc Oxide

Titanium Dioxide atau Zinc Oxide adalah kandungan yang umumnya ditemukan pada produk sunscreen untuk para remaja. Mineral tabir surya aktif ini akan membantu untuk menangkal sinar UV matahari. Termasuk kandungan yang memiliki resiko iritasi kecil, sehingga aman jika digunakan pada kulit remaja maupun yang memiliki kulit sensitif.

  1. Asam Salisilat

BHA atau Beta Hydroxy Acid merupakan nama lain dari Asam Salisilat yang juga menjadi kandungan pada skincare aman bagi remaja. Cara kerjanya meniru proses pengelupasan alami pada kulit. Sehingga pori pori menjadi lebih bersih karena sel kulit mati yang menumpuk diangkat. Kulit akan menjadi lebih bersih dan juga glowing serta menghalau jerawat.

  1. Azelaic Acid

Bahan yang bisa berguna untuk berbagai masalah kulit bisa dilawan menggunakan Azelaic Acid atau asam azaleat. Bahan untuk skincare remaja ini mengandung anti radang dan anti bakteri yang akan mampu mengatasi jerawat. Selain jerawatnya, bekas serta noda bekas jerawat juga bisa dipudarkan dengan Asam Azaleat ini.

Tips Memilih Skincare Untuk Remaja yang Tepat

  1. Memahami Jenis Kulit

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan memilih skincare yakni memahami jenis kulit kamu. Setiap orang akan memiliki jenis kulit berbeda dan juga memiliki penanganan yang  berbeda juga. Setidaknya ada tiga jenis kulit yang banyak dimiliki, yakni kulit berminyak, sensitif dan juga kering. Ada juga jenis kulit kombinasi dari jenis kulit yang sudah disebutkan.

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, maka kamu bisa memilih skincare yang memiliki kandungan Hyaluronic Acid, AHA juga Benzoyl Peroxide untuk mengurangi sebum yang berlebihan. Sementara untuk kulit yang kering, bisa memilih kandungan shea butter atau Lactic Acid. Dan Kulit sensitif dengan kandungan aloe vera, shea butter dan oatmeal.

  1. Mengenali Permasalahan Kulit

Di saat remaja, masalah kulit juga seringkali timbul karena hormon yang masih belum stabil. Maka dari itu, kamu harus tahu terlebih dahulu masalah kulit yang kamu alami. Jangan lupa juga untuk mengetes apakah kulitmu termasuk yang mudah alergi atau tidak. Cara mudahnya, kamu bisa mencoba di bagian belakang telinga, punggung lengan atau bahu.

Kamu bisa melihatnya, apabila tidak ada reaksi apapun seperti kulit pedih atau gatal, maka kamu bisa melanjutkan pemakaian. Namun apabila sebaliknya, maka kemungkinan besar kamu memiliki alergi dengan bahan yang terkandung di dalam skincare tersebut. Dengan begitu kamu kondisi kulit kamu tidak akan semakin parah.

  1. Cek Bahan yang Terkandung

Tips yang tidak boleh diabaikan yakni memilih skincare yang memiliki bahan sesuai kebutuhan kamu. Kamu bisa menyempatkan untuk membaca bahan yang terkandung di belakang kemasan. Selain itu sebaiknya kamu juga tidak memilih produk yang memiliki kandungan wewangian sintetis karena menyebabkan alergi, serta hal membahayakan lainnya.

  1. Menerapkan Basic Skincare

Mungkin masih ada beberapa remaja yang bingung akan membeli produk apa saja saat pertama kali. Maka yang bisa kamu lakukan yakni memenuhi basic skincare terlebih dahulu. Seperti facial wash, pelembab, toner dan juga tabir surya yang menjadi basic dari dunia skincare. Barulah secara perlahan kamu bisa menambahkan skincare lainnya sesuai kebutuhan.

Pastikan juga kamu rutin menggunakannya, sehingga hasilnya akan terlihat. Kamu tidak harus memakai semua produk sekaligus, penuhi saja basic skincare nya. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak produsen skincare remaja yang membanderol harganya dengan lebih terjangkau. Kandungannya juga tidak main-main dan tidak membuat dompet kamu jebol.

  1. Konsultasi dengan Ahlinya

Apabila kamu masih ragu, kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan ahlinya. Dokter kulit khusus akan membantu untuk menemukan jenis kulit kamu. Selain itu dokter juga akan menentukan produk apa yang sesuai dan cocok. Tentu saja tidak akan membuat kulit kamu menjadi alergi karena salah memilih.

Dan yang paling penting, apabila kamu memiliki masalah kulit bisa segera ditangani sebelum semakin terlambat. Kamu juga akan disarankan apa saja yang sebaiknya dihindari agar kulit kamu menjadi lebih sehat. mengingat selain skincare ada beberapa faktor kulit sehat, dari gaya hidup, makanan yang dikonsumsi sampai produk yang digunakan.

Memilih skincare yang tepat memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat ini sudah banyak produsen yang mengeluarkan berbagai jenis skincare. Maklon skincare salah satunya, yang menjadi salah satu cara mudah untuk berbisnis skincare. Tentu saja mengandung bahan bahan yang aman bagi kulit pemakainya.